02 February 2011

apa yang ada di benak anda?

Waktu terus bergulir seiring dengan rotasi bumi terhadap bulan dan revolusinya terhadap matahari. Bersamaan dengan itu usia kita terus bertambah dan umur berkurang. Semakin lama kita berada di sini maka kita tidak akan mengecap manis pahitnya kehidupan yang katanya cuma sekali.

Biasanya seh klo ada yang manis orang tidak akan memilih yang pahit, tp nanti liat aja hasilnya yg pernah ngerasain pahit dengan yang cuma ngerasain manis. Di lain pihak kita dituntut juga untuk efektif dan efisien, "klo dah pernah ada yang ngerasain pahit kita ga usah ikut2an dong". nah lhoo??


Klo penulis bilang seh LIFE IS A BALANCE. ada kaya ada miskin, ada susah ada gampang, ada manis ada pahit dan seterus2nya. Apakah peran kita dapat menyeimbangkan dunia ini? hohoho terlalu naif rasanya jika kita memikirkan peran kita sendiri. Yang bisa kita lakukan adalah dengan diri sendiri yang berdampak ke orang lain. Dari dampak itulah secara simultan kita menyeimbangi dunia ini. Jangan dipikirin dampaknya apa, yang pasti itu akan berpengaruh ke kehidupan kita juga. Dampak yang baik akan jadi baik dan yang buruk akan jadi buruk ke diri kita. Hanya saja terkadang dampak yang baik ke diri kita bisa berdampak buruk ke orang lain, atau dan sebaliknya. Nah makanya sebisa mungkin kita tidak bepikir dampak yang baik bagi kita dulu tapi ke orang lain terlebih dahulu. Capek deeeeh....

Bayangkan kita cuma duduk seharian full doang ga ngapa2in, capek juga ga? yang membedakan cuma bermanfaat atau tidak? klo emang duduk2 itu bermanfaat maka akan membawa dampak ke orang lain ya berarti memang itu yang harus dilakukan. Bijaksanakah kita memanfaatkan waktu itu?

Capek dan tidak sudah digambarkan di alinea sebelumnya, yah kurang lebih mah pasti capek, hanya saja ada orang yang bisa dalam satu hari itu pindah kota bahkan negara tapi dy ga capek, ada juga yang cuma duduk dibelakang meja sambil FBan tapi capeknya dah kayak naik gunung 3 hari 3 malam. Atau malah sebaliknya, yang duduk2 ga ngerasa capek tapi yang kesana kesini itu malah capek banget.

Kalau penulis boleh mengira hal tersebut tergantung sinkronisasi antara psikologis dengan task yang dilakukan ditambah dengan faktor biologis. Suka atau tidak, faktor psikologis. Kapabilitas, lingkungan, hasil, berkaitang dengan task yang juga mempengaruhi faktor psikologis. Fisik dan Stamina merupakan faktor biologis. Kalau formula itu tepat maka kita tidak nyaman dengan apapun yang kita lakukan. Pertanyaannya adalah apakah bisa seluruh faktor itu harus ada biar kita nyaman. Wah egois dong klo gitu, bisa2 semuanya bakalan cuma senang2 aja dan bisa jadi saling tidak memenuhi satu sama lain. Jadi gmn?

Manusia bahkan makhluk hidup diberikan kemampuan adaptasi oleh Sang Pencipta. Secara biologis maupun psikologis. Dalam melakukan adaptasi pasti melewati yang namanya proses. Proses inilah yang melelahkan terutama di faktor psikologis. "Wah ini seh ga cocok sama gw, wah gw ga suka dsini, gw ga punya kompetensi disini, ini bukan mau gw", kalo lagi capek biasanya inilah yang keluar dari pikiran kita, maklum capek. Semakin keluar semakin capek dan semakin ga cocok. Coba deh bilang "STOP" dengan pikiran itu dan alihkan dengan manfaat apa yang bisa kita berikan kepada orang lain. Mungkin kita lupa karena sudah capek dengan pikiran2 seperti itu. Ikhlaskan apa yang kita lakukan dengan manfaat yang bisa kita berikan karena secara simultan manfaat itu akan kembali kepada kita dan lebih besar dari yang kita berikan. Jangan lupa senyum dulu pas mo mulai :) (buat yang Muslim setelah baca basmallah)

Ya...Kuncinya ada di IKHLAS. Mudah bukan?hahaha, yang sulit adalah memulainya. Setelah kita mulai pasti akan menjadi efek bola salju yang menggelinding. Eitz...bukan berarti akan menyelesaikan masalah ya, ini akan sangat membantu untuk memulai menyelesaikannya. Kalo ga mulai mana mungkin bisa selesai.

Kepikiran acar sama pindang bandeng yang udah dibawain dari rumah, nanti lanjut lagi deh. Yah ini cuma iseng2 aja nulis gara2 udah di tag sama admin di FB, ambil manfaatnya ya.

Curhat dikit: pengen punya pendamping :P:P

1 comment:

  1. iklas bei, tungguin selese kuliah...wkwkwkwkkwk..

    anyway.. really good article.. as we all know.. "What Goes Around Comes Around " - "What You Planted is What You Take" .. emang, kuncinya ikhlas ngejalanin semuanya, apalagi kalau kita suka ngejalaninnya, anggap ajah yang lainnya sebagai bonus .. i can say this for work issue, but for personal issue i'm still learning about it..

    Try to be fair to yourself and to other , jangan boongin diri kamu hanya karena mau ini itu , punya target dan lainnya (eke baru belajar gak kerja begadang, toh cari duit tugas setiap orang, bukan sendiri) ,

    and jangan maunya banyak dari orang, but when it's time to give, pikiran bentuknya dah kayak sempoa.. Like what you said bei, "Don't think what other can do for you, but think what you can do for other"

    (every writings dari bei dan komen dari gue kalo mau di cek ada ko di masing2 kitab suci.., bahasa kita ajah gak sebagus nabi2 and emang not supposed to be, so it's no lie baby!!)

    ReplyDelete